Thursday, August 15, 2013

Jenis Fobia Atau Rasa Takut

Fobia merupakan rasa takut yang sering dialami manusia, bahkan ada juga orang yang merasa ketakutan terhadap hal-hal yang tidak masuk akal. Rasa takut memang sering menghindarkan kita dari berbagai macam bahaya yang melanda. Akan tetapi, tahukah Anda jika rasa takut yang terlalu berlebihan dan tidak masuk akal juga bisa amat menyiksa hidup?

Fobia akan melanda setiap orang pada saat menghadapi objek, keadaan, dan situasi tertentu. Pada umumnya seluruh penderita fobia mengetahui jika ketakutan yang dirasakannya itu sebagai hal yang irasional. Akan tetapi, mereka juga tidak bisa mencegah datangnya ketakutan tersebut. Bahkan, fobia yang dialaminya itu juga sering membuat orang-orang lain yang berada di sekitarnya menjadi repot. Berbagai jenis fobia yang sering dialami manusia di antaranya adalah :

1. Claustrophobia
Merupakan sebuah fobia orang yang takut berada di tempat-tempat tertutup, seperti menaiki lift ataupun melewati terowongan gelap. Setiap penderita claustrophobia ini pasti akan merasa ketakutan ekstrim ketika berjalan di terowongan ataupun naik lift.

2. Social phobia
Adalah rasa takut yang dialami manusia ketika sedang berada di lingkungan sosial.Pada umumnya seseorang yang mengalami social phobia menjadi pemalu, dan terkadang merasa takut, gelisah, dan khawatir mengenai penampilannya di lingkungan sosial.Apabila fobia ini tidak segera ditangani, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan hal-hal yang lebih buruk, seperti tidak memiliki teman, menjadi orang yang tertutup, dan sebagainya.

3. Zoophobia
Fobia tipe ini adalah mereka yang takut terharap hewan, seperti lebah, burung, ular, kecoa, ataupun laba-laba.Zoophobia pada umumnya bisa hilang seiring dengan bertambahnya umur, tetapi ada juga orang-orang yang mengalami fobia ini seumur hidup mereka.

4. Acrophobia
Yaitu fobia terhadap ketinggian. Tentu saja orang yang mengalami acrophobia pasti akan merasa sangat takut jika harus melewati tangga penyeberangan, ataupun ketika naik kereta gantung dan fasilitas tinggi lainnya. Fobia ini memang sulit untuk disembuhkan, dan biasanya akan menjadi permanent.

5. Hemophobia
Rasa takut yang ekstrim ketika melihat darah disebut dengan istilah homophobia. Biasanya, setiap orang yang mengidap homophobia akan langsung pingsan setelah melihat darah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.